(Katanya) Pengikat Hati

14 Aug

Dulu, pernah baca, entah mitos atau fakta, katanya di jari manis kiri manusia itu ada sebuah syaraf yang terhubung langsung di jantung (atau ‘heart’ bagi orang bule sono). Atas dasar kepercayaan itulah, di benua lain, lahir konsep cincin perkawinan yang dipasang di jari manis tangan kiri. Nilai filosofisnya adalah: “My heart has been tied-up” atau “Hatiku telah terikat”. Begitu konsep cincin kawin ini diserap oleh masyarakat indonesia, makna tadi udah nggak terlalu nyambung lagi. Karena, bagi sebagian besar orang indonesia, cincin kawin dipasang di jari manis di tangan kanan. Mungkin akulturasi ini terjadi karena bagi masyarakat indonesia umumnya, tangan kiri adalah tangan yang ‘kotor’. Sedangkan tangan yang baik adalah tangan kanan. Mungkin ya… Nggak tahu juga kebenarannya. Cuma mengira-ngira aja.

Enough soal latar belakangnya, yang pasti cincin kawin itu hal yang kudu/harus/wajib ada. Saya sih oke-oke aja. Tapi nggak bagi si kk. Dia paling nggak suka pake cincin. Seumur-umur nggak pernah ngasih cincin (dan nggak pernah ngasih saya juga -_-). Nyoba Bujukin si kk dengan kalimat: “Nggak pake emas kok. Kan dalam islam nggak boleh juga cowok pake emas” atau “Ntar modelnya dibikin macho deh… kk boleh milih”. Nggak mempan juga. Akhirnya pake senjata pamungkas: “Oh, jangan-jangan kk nggak mau pake cincin, biar bisa flirting ya..? Biar nggak ketauan udah kewong”. Berhasil tuh. Yihaa!

Setelah browsing di WK dan baca-baca majalah wedding, ketemulah model cincin kawin Nana-Bobby yang simpel dan elegant bgt:

 

 

Pengen nyontek modelnya buat cincin kawin. Si kk sih, nggak masalah. Pesenennya satu, jangan kecil aja. Dia maunya yang lebar, biar kesannya macho. Yuksss…

Buat nyenengin si kk, saya coba nyari cincin pertunangan berwarna hitam  buat dia. Ini sih terinspirasi dari temen, yang bela-belain ke Singapore, buat beli cincin kawin yang modelnya kotak. Sempet ngeliat, cincinnya itu bukan cuma bermodel persegi (bukan bulet, kayak cincin biasa), tapi juga ada warna hitamnya. Karena tertarik make jasa Soulmate untuk bikin cincin setelah baca forum WK, akhirnya ngubungin Charli, salah satu pemiliknya. Ternyata mereka nggak bisa nyediain cincin warna hitam, karena bahannya nggak ada. Apalagi ada kecenderungan mengasosiasikan warna hitam dengan kedukaan, opposite banget dengan pernikahan. Browsing, googling, nggak nemu cincin kawin berwarna hitam yang dijual di indonesia. Untungnya, nyasar ke overstock.com yang nyediain beragam cincin kawin hitam buat cowok. Ketemu beberapa yang modelnya simpel dan elegan. Kayaknya cocok buat si kk:

Si kk sih, paling suka yang nomor dua di atas.

Kalau buat saya sih, udah pasti. Dari dulu pengen yang model solitaire. Kalo mau bagusnya sih memang cincin model ini pake berlian 1 karat. Cuma, setelah baca-baca di  femaledaily, ternyata bisa di-braket setting. Jadi, berlian 0,5 karat bisa terlihat seperti 1 karat. Kepikiran mau pake mossainite aja, yang murmer… meskipun kata orang, berlian itu simbol keabadian. Serupa dengan cinta. hehehe…

Beberapa kalangan masyarakat punya kebiasaan mengenakan cincin pertunangan di tangan kiri, yang kemudian berpindah di tangan kanan.  Kalangan itu, di antaranya adalah… keluarga saya. Yaa… Antiklimaks deh…! Jadi deh, cincin pertunangan = cincin kawin.

Hiks,

C

2 Responses to “(Katanya) Pengikat Hati”

  1. fitria February 26, 2014 at 11:15 am #

    Mba moo tny donk…itu klo blh tau cincin hitam beli dmn dan harga’a sktr brp ya??? Thx

    • citralwi February 26, 2014 at 11:30 am #

      Hai fit! Temenku dulu belinya di singapura. Soalnya nggak ada yg jual di indonesia. Tapi itu thn 2010 yah. Mgkn skrg udah ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: