DIM (Do-It-My-Self) Invitation

20 Aug

Inspirasi awal saya, datang dari situs ini. Sejak ngeliat design berupa ‘couple silhouette’ yang ada di situ, saya langsung netapin hati akan jadiin siluet sebagai tema undangan lamaran saya. Mungkin karena selera saya yang suka segala sesuatu yang ‘clean’ dan ‘simple’, pengennya layout dan warnanya juga minimalis. Apalagi, tentu saja, harganya (harusnya sih) lebih murah karena nggak pake banyak warna. Nggak perlu laser cutting segala pula.

Sejak memutuskan untuk mendesign sendiri undangannya, saya sudah menghubungi vendor percetakan tempat saya biasa keperluan kantor. Marketing dan kepala cabangnya kan udah kenal banget karena saya sering nongkrong bareng di kantor mereka nungguin hasil kerjaan selesai dicetak. Jadi, waktu saya cerita kalau mau cetak undangan, mereka bersedia ngasih harga spesial untuk saya. Alhamdulillah…

Setelah hitung-hitung biayanya, ternyata undangan untuk 100-200 orang lumayan juga. Belum termasuk amplop. Emang bener kata orang, kalau lagi kepepet, biasanya muncul ide-ide cemerlang. Tiba-tiba, saya kepikiran untuk bikin undangan ukuran setengah A5. Untuk menghemat biaya cetak. Perlu diketahui, 1 kali cetak adalah ukuran A3, jadi, ukuran undangan harus dipas-pasin biar optimal kertasnya. Nah, 1 kertas ukuran A3 itu sama dengan 4 kertas A5. Kalau setengah A5, bisa delapan undangan 1 lembarnya!

Undangan berukuran setengah A5 itu kira-kira seperti sebuah kartu pos. Aha! kenapa nggak sekalian dibuat persis seperti kartu pos. Jadi nggak perlu pake amplop lagi. Nantinya, nama yang diundang, bisa langsung dicetak di undangan dengan font jenis typewriter biar nggak setengah-setengah!

Halaman Depan Undangan

  1. Gambar siluet ini, diambil langsung dari www.weddingpaperdivas.com. Suka banget karena match dengan pallete tone acara lamaran saya nanti,
  2. Tadinya mau nulisin initial nama aja, tapi jadinya kurang bagus. Font nyari yang agak curly buat aksen. Download dari www.dafont.com,
  3. Pake tanggal kayak gini karena terinspirasi dari www.do-it-yourself-invitations.com,
  4. Promosi terselubung (apa nyata-nyata promosi? hehehe..)
  5. Lihat contoh kartu pos di www.postcard-template.com, jadi bikin tempat perangko dengan tulisan yang sama. Waktu ‘insert’ shape di power point, ketemu persegi model ‘dua lapis’. Kayaknya lebih bagus, jadi deh dipake.
  6. Ide dari Nita, adik saya. Katanya, lebih ‘total’ kalau make cap pos. Untuk dipake di sini, ngambil dari www.jastaboelcke.de
  7. Jaman dulu suka nerima kartu pos yang alamat pengirim atau penerima-nya diketik pake mesin tik. Download font typewitter ini dari www.dafont.com,
  8. Biar warna putih-pink-hitam-nya keliatan jelas, ngambil tone color shocking pink dari gambar kotak cincin di ‘pasangan siluet’ tsb buat warna tulisan tanggal dan tempat perangko.

Halaman Belakang Undangan


 

Design ini sepenuhnya nyontek dari www.invitesonline.net.au yang gambarnya seperti di bawah ini:

Bedanya, nggak pake gambar siluet dan garis-garis lengkung. Warna pink-nya juga dibuat lebih ke ‘shocking-pink’ biar sama dengan warna pink yang ada di halaman depan undangan.

Design undangan di atas, saya buat menggunakan software ms. power point saja. Simpel kan?

Kalau ingin bikin undangan sendiri atau nyari-nyari inspirasi, coba deh kunjungin situs ini:

Still-Try-Her-Best,

C

3 Responses to “DIM (Do-It-My-Self) Invitation”

  1. undanganpro September 6, 2010 at 8:43 pm #

    wahh ada blog kami di post ini.. jadi malu :”>

    salam kenal mba citra🙂

  2. Rini February 14, 2011 at 11:54 am #

    Mbak mohon ijin contek idenya boleh ga buat lamaranku???

    • citralwi February 16, 2011 at 10:33 am #

      Boleh dong mbak Rini.. Terima kasih ya.. it’s an honor for for us if it inspires you🙂

Leave a Reply

