Turnamen gaple pra-lamaran

16 Oct

Menjadi kebiasaan di dalam komunitas masyarakat kendari, khususnya suku tolaki, untuk menggelar kompetisi catur atau kartu  domino (also known as ‘gapleh’ in our community) bagi para lelaki, sebelum dan sesudah perayaan acara. Entah itu sunatan, aqiqahan , pernikahan atau acara perayaan lain, asal bukan acara kedukaan aja🙂

2 hari sebelum acara lamaran, papa pun sudah siap-siap menggelar turnamen gapleh se-kompleks rumah saya di kendari. Beliau pun meminta salah satu om untuk menjadi PIC acara tersebut, termasuk menyediakan hadiah bagi para pemenang. Oh iya, dalam kompetisi amatiran ini, hadiah tidak perlu bombastis, yang jadi inti dari dari keseruannya adalah kesenangan para bapak-bapak/kakek-kakek dan ABG tersebut dalam bermain catur/gapleh dan menunjukkan kemampuan mereka.

Tetap saja, saya surprised melihat ‘kehebohan’ turnamen sederhana itu. Dalam bayangan saya, kompetisi bakal dihadiri oleh tetangga dekat saja. Taunya, ABG-ABG (berondong cyinnn..) yang rumahnya agak jauh, juga ikutan meramaikan acara. Jadi, setelah saya dan kk ngejemput dan nganterin opu di rumah keluarga kk yang ada di kendari, kita pun disambut dengan pemandangan ini:

Begitu masuk rumah, kesibukan begitu terasa. Mama dan tante-tante menyediakan dan menghantarkan snack dan minuman untuk seluruh peserta. Akhirnya, saya juga ikut membantu mempersiapkan konsumsi tsb. Sementara si kk sibuk nanya ke saya, kalau boleh nggak dia ikutan. Ya aloh, tolong… ;)  Alhasil, dia cuma seliweran aja, dari satu meja ke meja lain untuk melihat jalannya ‘pertandingan’.

Cherio,

C

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: