Henna, perlukah?

7 Mar

Nggak harus sih. Tapi.. setelah ngeliat gambar-gambar ini:

Jadi Pengeennn!!!

Sebenernya, di beberapa tradisi dan adat istiadat di Indonesia, pemakaian henna atau innai adalah bagian dari ritual sebelum prosesi pernikahan. Seperti di Aceh dan Padang melalui malam bainai. Sementara itu, beberapa adat istiadat juga mengenal adanya malam pacar, yaitu malam sebelum akad nikah, di mana sang calon pengantin diberikan restu dan doa dari keluarga besar melalui prosesi pemakaian atau menyentuhkan daun pacar di tangan. Seperti halnya adat istiadat bugis/makassar/mandar dan tolaki, suku si kk dan saya. Sebagaimana yang umum diketahui, ‘pacar’ adalah bahasa indonesia untuk henna. Bahan pembuatan hiasan henna di tangan/kaki karenanya adalah daun pacar.

Jadi, saya pikir, toh tidak ada salahnya jika saya menggunakan hiasan henna/inai/mehindi ini. Keputusan sudah diambil, maka perburuan pun dilakukan! Setelah browsing dan blogwalking sana sini, didapatkanlah jasa henna berikut ini:

1. Salon Henna by Haila,

Telp: 087881005804

FB: http://www.facebook.com/profile.php?id=100000139069596#!/group.php?gid=68196530434

Twitter: http://twitter.com/salonhenna

 

2. Ima Habsyi

Telp: 085694951234

FB: http://www.facebook.com/group.php?gid=64088717417

 

3. Rinda Henna. Review-nya bisa baca di blog  Fika

Udah ngubungin Salon Henna sejak bulan Oktober/November lalu. Tapi dari infonya, henna mereka hanya bertahan sekitar 3-5 hari, karena make bahan-bahan natural. Sementara saya harus berangkat ke kendari pada pagi hari tanggal 8 Februari 2011 (take off 07.00) atau 3 hari sebelum akad. Dengan demikian, hiasan henna tsb harus dipasang selambat-lambatnya pada malam tanggal 7 Februari 2011.

Mbak Haila yang saya hubungi pun, nggak recommend masang henna-nya tanggal 7, karena kalau begitu pada hari akad, henna-nya udah pudar. So.. rencana make hiasan henna pun dibatalkan..

sampai kemudian pada tanggal 7 februari, saya berkunjung ke Color Club di Jl. Kaji untuk apa sodara-sodara? Untuk make voucher medi-pedi yang dikasih salah satu teman sabagai hadiah pertunangan tahun lalu! Yay!

Sebenernya, sehari sebelumnya (minggu) saya ke Color Club di Jl. Senopati. Ternyata service untuk hari minggu harus berdasarkan appointment. Jadi, karena nggak ada yang mesen, mereka pun tutup hari itu. Akhirnya, keesokan harinya sepulang kerja saya langsung ke cabang kaji yang lebih dekat dengan kantor.

Setelah dipedi-meni mbak yang nanganin saya nawarin nail art. Liat contoh-contohnya menarik banget, jadilah saya iyakan saja. Eh, ternyata yang makein nail art-nya cowok bok! Cowok tulen sepertinya. Dulu dese sekolah lukis-lukis gitu. tak dinyana, sekarang malah rejekinya di nail art. Setelah cerita kalau saya bakal menikah akhir minggu itu, dese nawarin hias henna. Ternyata dia biasa nanganin capeng yang pengen tangan/kakinya di hias henna. Meskipun agak ragu dengan kualitas henna-nya, apalagi warnanya hitam ya bok… secara menurut berita-berita, henna hitam itu mengandung bahan berbahaya dan lebih baik pakai jagua aja, saya akhirnya nerima tawaran itu juga. Soalnya menurut si mas-mas itu, meskipun pada saat aplikasinya berwarna hitam, nantinya bakal warna coklat.. (which is..NOT. karena sampe hias henna itu hilang di tangan saya, warnanya TETEUP hitam ya jeung!). Oh ya, dia juga menjamin henna tsb akan tahan lebih dari seminggu (garansi uang kembali), nggak perlu khawatir bakal pudar pada saat hari H. Ya sud! Bungkussss….

Inilah kurang lebih penampakkan tangan saya sesaat setelah dihias henna:

Ini detail nail art-nya:

Nail art ini dipercantik dengan butiran-butiran yang kata mbak-mbak dan mas di Colob Clubswarovski adalah swarovski.. nggak tau deh bener atau nggak. Tapi kalau dibandingin dengan swarovski yang dipasangin Myrna di kebaya resepsi sih.. emang mirip.

Meskipun saya kurang sreg dengan warnanya, tapi desainnya lumayan suka. Simpel dan yang paling penting.. nggak terlalu mehong! Hihi.

Pada waktu akad pun, hiasan henna ini mempercantik penampilan saya. Soalnya kontras banget dengan warna baju adat yang koneng gonjreng dan nail art yang merah menyala:

Love,

C

Leave a Reply

