Archive | Soulmate RSS feed for this section

The Ring (Bukan Film Horor)

18 Jan

Unlike the other engaged couple, we don’t wear our engagement ring.

We’ve never thought that we’ll end up using the word of: ‘tunangan’ whatsoever. We weren’t into that concept actually. We just want to get married, period. But for the sake of ‘adat istiadat’ and family’s honour, there should be engagement ceremony, the one that we call ‘lamaran’ here in Indonesia. Guess what.. once you’re purposed through the lamaran ceremony, and you (or in my case, your family ;D) approve it, they said that your status have been changed into ‘engaged’ (and now you can go to facebook and edit your status).

Continue reading

(Katanya) Pengikat Hati

14 Aug

Dulu, pernah baca, entah mitos atau fakta, katanya di jari manis kiri manusia itu ada sebuah syaraf yang terhubung langsung di jantung (atau ‘heart’ bagi orang bule sono). Atas dasar kepercayaan itulah, di benua lain, lahir konsep cincin perkawinan yang dipasang di jari manis tangan kiri. Nilai filosofisnya adalah: “My heart has been tied-up” atau “Hatiku telah terikat”. Begitu konsep cincin kawin ini diserap oleh masyarakat indonesia, makna tadi udah nggak terlalu nyambung lagi. Karena, bagi sebagian besar orang indonesia, cincin kawin dipasang di jari manis di tangan kanan. Mungkin akulturasi ini terjadi karena bagi masyarakat indonesia umumnya, tangan kiri adalah tangan yang ‘kotor’. Sedangkan tangan yang baik adalah tangan kanan. Mungkin ya… Nggak tahu juga kebenarannya. Cuma mengira-ngira aja.

Enough soal latar belakangnya, yang pasti cincin kawin itu hal yang kudu/harus/wajib ada. Saya sih oke-oke aja. Tapi nggak bagi si kk. Dia paling nggak suka pake cincin. Seumur-umur nggak pernah ngasih cincin (dan nggak pernah ngasih saya juga -_-). Nyoba Bujukin si kk dengan kalimat: “Nggak pake emas kok. Kan dalam islam nggak boleh juga cowok pake emas” atau “Ntar modelnya dibikin macho deh… kk boleh milih”. Nggak mempan juga. Akhirnya pake senjata pamungkas: “Oh, jangan-jangan kk nggak mau pake cincin, biar bisa flirting ya..? Biar nggak ketauan udah kewong”. Berhasil tuh. Yihaa!

Continue reading